Thursday, October 17, 2024

Lomba GTK Agen Perubahan Transformasi Digital BBGP Provinsi Jawa Barat

Lomba GTK Agen Perubahan Transformasi Digital BBGP Provinsi Jawa Barat

Oleh: Guru Ataya (Iwan Sumantri)

Sukabumi, 17 Oktober 2024. Guru Ataya-Kali ini akan berbagi tentang satu Lomba yang menarik dan baru di era Kurikulum Merdeka saat ini. Dalam semangat transformasi digital yang terus berkembang, BBGP Provinsi Jawa Barat mengadakan lomba GTK Agen Perubahan Transformasi Digital di Kabupaten /Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat. Lomba ini menjadi ajang bagi para GTK/pendidik untuk unjuk gigi dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Melalui partisipasi aktif dalam lomba ini, Para peserta dari berbagai kalangan ada guru,pendidik PAUD,Kepala Sekolah,Pengawas,Penilik, dan Pamong Belajar. Tidak hanya ingin meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga ingin menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam mengadopsi teknologi digital dalam proses pembelajaran.

Pemberian apresiasi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya agen perubahan yang memberikan dampak besar dan menyeluruh terhadap kulaitas Pendidikan di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.

Agen perubahan adalah Guru, Pendidik PAUD, Kepala Sekolah,Pengawas,Penilik, dan Pamong Belajar yang berperan sebagai katalis dalam mendorong, mengimplementasikan, dan mefasilitasi transformasi digital di lingkungan Pendidikan. Para peserta tidak hanya mengadopsi teknologi dalam kegiatan pembelajaran, tetapi juga mampu: 1) Memimpin inovasi digital di sekolah atau lembaga pendidikan, dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, manajemen sekolah, dan keterlibatan komunitas Pendidikan;2) Memberikan dampak luas kepada guru, siswa, dan masyarakat pendidikan di tingkat kabupaten/kota, tidak hanya terbatas pada institusinya sendiri. Mereka mendorong kolaborasi dan berbagi praktik terbaik terkait transformasi digital dengan sesama pendidik dan stakeholder lainnya; 3)  Mengembangkan ekosistem digital yang berkelanjutan dengan membangun kompetensi digital di kalangan pendidik, peserta didik, dan orang tua melalui pelatihan, pembimbingan, dan program-program inovatif berbasis teknologi. 4) Mengadvokasi kebijakan dan praktik transformasi digital yang responsif terhadap perkembangan teknologi, kebutuhan pendidikan, serta tuntutan masa depan di wilayah pendidikan mereka.

 

Baca Juga:




Mekanisme Lomba

 1. Pengajuan Rekomendasi oleh Dinas Pendidikan

○Peserta tidak mendaftar sendiri. Setiap guru atau agen perubahan harus mendapatkan rekomendasi resmi dari Dinas Pendidikan kabupaten/kota. Dinas Pendidikan berperan untuk  memilih dan merekomendasikan maksimal 3 kandidat terbaik dari wilayahnya.

○ Surat rekomendasi dilampirkan saat pengiriman portofolio inovasi.

 2. Pendaftaran dan Pengumpulan Proposal

○ Peserta yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan mengirimkan portofolio inovasi digital yang telah mereka implementasikan di sekolah atau wilayahnya, termasuk dampak inovasi tersebut.

3. Seleksi Administrasi dan Verifikasi

○Panitia memeriksa kelengkapan dokumen, termasuk surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan, portofolio inovasi, serta dokumentasi pendukung (foto, video, laporan).

 4. Penilaian Proposal (Desk Evaluation)

○ Juri menilai portofolio berdasarkan inovasi, dampak, keberlanjutan, dan potensi replikasi.

  Portofolio terbaik dari setiap kabupaten/kota akan dilanjutkan ke tahap presentasi.

 5. Presentasi Finalis

○ Finalis yang dipilih mempresentasikan inovasinya secara luring kepada panel juri, menjelaskan implementasi dan dampak transformasi digital yang mereka lakukan.

6. Pengumuman Pemenang

○ Pemenang diumumkan melalui acara penghargaan yang akan dilaksanakan di tanggal 3-5 November 2024.


Kegiatan ini akan diikuti oleh utusan maksimal 3 orang GTK per Kab/Kota yang ada di 27 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Jika semua kab/kota mengirimkan perwakilannya maka akan ada 81 orang GTK yang berlomba.

  Kita tunggu, siapa yang terbaik menjadi agen GTK Perubahan Transformasi Digital Tahun 2024 ini.

No comments:

Post a Comment