Saturday, June 1, 2024

Gelar Panen Karya P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Cerdik Berbudi 2024

Gelar Panen Karya P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Cerdik Berbudi 2024

Oleh: Guru Ataya

Cibadak, 29 Mei 2024. Selasa, 28 Mei 2028 di satuan pendidikan SMP Negeri 3 Cibadak dimana Guru Ataya bertugas, telah di gelar Panen Karya P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Cerdik Berbudi 2024. Berikut hasil reportase guru Ataya di kegiatan tersebut.

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pada awalnya, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak namun pada tahun pelajaran 2023/2024 mulai berlaku Kurikulum Merdeka yang juga menerapkan P5.

Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 3 Cibadak menggunakan sistem blok yaitu 1 minggu penuh sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Terdapat 3 Proyek dalam 1 tahun, yaitu: proyek 1 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutanl, proyek 2 dengan tema Rekayasa Teknologi, proyek 3 dengan tema kewirausahaan. Sebagai puncak kegiatan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah, maka kami bermaksud mengadakan agenda Gelar Panen Karya P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.


CERDIK BERBUDI 2024 sebagai wadah untuk mengasah dan menumbuhkembangkan potensi bakat dan minat siswa baik dalam bidang seni dan kewirausahaan.

Tema Kegiatan : 

“Melangkah Bersama dalam Karya dan Inovasi : Membangun Profil Pelajar Pancasila melalui Gaya Hidup Berkelanjutan, Rekayasa Teknologi dan Kewirausahaan”

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dalam kegiatan ini adalah:

1)  Melatih kemandirian dan kedisiplinan serta membangun sikap kreatif, kerjasama dan gotong royong peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar pancasila;

2)   Menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang kesenian dan Kewirausahaan;

3)   Melatih peserta didik untuk berwirausaha sejak dini supaya bisa menjadi pribadi yang mandiri dan mapan;

4)   Menunjukkan hasil karya peserta didik SMPN 3 Cibadak;

5)   Memberikan apresiasi kepada peserta didik terhadap potensi dan bakat yang dimiliki;

6)   Memperkenalkan SMPN 3 Cibadak sebagai salah satu sekolah di wilayah Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi sebagai sekolah dengan berbagai keunggulan dan kearifan lokal baik di bidang Akademik, Seni, dan Olahraga.

Bentuk dan Jenis Kegiatan

Berdasarkan latar belakang dan dasar kegiatan di atas, maka kegiatan ini akan dikemas dalam berbagai kegiatan, yaitu:

Gelar Panen Karya Siswa

Dalam kegiatan ini akan diadakan pagelaran pameran berupa hasil karya peserta didik SMPN 3 Cibadak yang berbentuk pameran karya seni dan produk prakarya.

Hasil Produk :

Proyek CEKAS dengan produk ECOBRICK

Proyek SIMASKOT dengan produk SAYURAN (Pakcoy, Tomat, Kangkung,

Kacang Tanah, Cabe Rawit, Terong Ungu) dijual harga Rp 5.000

Proyek S3 CERIA--->ECOPRINT (tas canvas, kain iket, taplak, dijual harga Rp 15.000

Pentas Kreasi Seni Siswa

Pada kegiatan ini akan ditampilkan kreasi seni siswa yang merupakan bakat dan minat peserta didik untuk menumbuhkembangkan potensi peserta didik dalam bidang seni. Adapun bentuk kegiatan kreasi seni siswa berupa kreasi seni musik, seni tari, dan olah vokal serta penampilan live musik dari sponsor telkomsel by U.

Bazar

Pada Kegiatan ini pula diadakan penjualan produk hasil karya olahan siswa kelas 8 dari mata pelajaran Prakarya materi Pengolahan.





Pada kegiatan tersebut di hadiri oleh tamu undangan diantaranya Pengawas Pembina, Pengurus Komite Sekolah, Komandan Danramil Kec.Cibadak dan tentunya para orang tua siswa kelas 7,8 dan 9.


Kegiatan berakhir tepat pada pukul 12.00.

No comments:

Post a Comment