Saturday, June 1, 2024

Gelar Panen Karya P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Cerdik Berbudi 2024

Gelar Panen Karya P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Cerdik Berbudi 2024

Oleh: Guru Ataya

Cibadak, 29 Mei 2024. Selasa, 28 Mei 2028 di satuan pendidikan SMP Negeri 3 Cibadak dimana Guru Ataya bertugas, telah di gelar Panen Karya P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Cerdik Berbudi 2024. Berikut hasil reportase guru Ataya di kegiatan tersebut.

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pada awalnya, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak namun pada tahun pelajaran 2023/2024 mulai berlaku Kurikulum Merdeka yang juga menerapkan P5.

Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 3 Cibadak menggunakan sistem blok yaitu 1 minggu penuh sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Terdapat 3 Proyek dalam 1 tahun, yaitu: proyek 1 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutanl, proyek 2 dengan tema Rekayasa Teknologi, proyek 3 dengan tema kewirausahaan. Sebagai puncak kegiatan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah, maka kami bermaksud mengadakan agenda Gelar Panen Karya P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.