Saturday, May 25, 2024

Pengumuman Kelulusan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9

Pengumuman Kelulusan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 

Oleh: Guru Ataya (PP_430_Iwan Sumantri)

Sukabumi, 25 Mei 2024. Berikut ini Guru Ataya akan berbagi tentang isi surat  Nomor : 2687/B7.2/GT.02.00/2024 tertanggal 24 Mei 2024, Perihal : Undangan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 yang dinantikan dengan rasa deg-degan dan penuh harap. Semoga informasi ini bermanfaat buat para Calaon Guru Penggerak yang tergabung di angkatan 9. Catat dan simak serta ikuti pengumumannya.

Dengan hormat, Kami sampaikan sehubungan dengan berakhirnya Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan Penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9, kami mohon Bapak/Ibu mengizinkan dan menugaskan nama-nama terlampir dalam tautan untuk mengikuti kegiatan dimaksud secara virtual (video conference) yang akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Selasa, 28 Mei 2024 pukul : 10.30 WIB s.d. selesai

media : Aplikasi Zoom dan/atau Kanal Youtube

tautan : https://bit.ly/Penutupan-PGP-A9-BBGPJabar

ID Rapat : 913 8607 3227 Kode Sandi : 268830

Youtube live streaming: https://bit.ly/Youtube-Penutupan-A9-BBGPJabar

Lampiran daftar nama Fasilitator, Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak dapat diunduh pada tautan : https://bit.ly/AktorPGPA9_BBGPJabar

Tuesday, May 21, 2024

Ataya di Pendamping Garuda Tahun 2024

Ataya di Pendamping Garuda Tahun 2024

Oleh: Guru Ataya

Cibadak, 21 Mei 2024. Berbeda dengan postingan/tulisan sebelum-sebelumnya, kali ini Guru Ataya akan berbagai tentang si Bocil Ataya Rachman Pradana Putra yang berusia 6 tahun 7 bulan yang ikutan di pendaftaran Pendamping Garuda. Kegiatan ini diselenggarakan oleh akun resmi IG @timnas.indonesia. Kegiatan pencarian Pendamping Garuda berhubungan dengan babak kulaifikasi Piala Dunia 2026. Saat ini Timnas Indonesia senir sedang berjuang di grup F untuk bisa lolos di babak dua kualifikasi Piala Dunia, Dimana tersisa dua pertandingan lagi yang akan di lakoni oleh timnas garuda, yaitu penentuan untuk lanjut ke fase berikutnya babak ketiga. Dua pertandingan itu akan di jalanai oleh timnas di GBK pada tanggal 6 Juni 2024 Vs Timnas Iraq dan tanggal 11 Juni 2024 Vs Timnas Philipina.

Di dua pertandingan tersebut, panitia sedang merekrut anak-anak usia 5 sd 12 Tahun untuk menjadi pendamping garuda. Nah salah satu pesertanya adalah si Bocil Ataya Rachman Pradana Putra yang mencoba daftar dan mengadu Nasib dan keberuntungan di kegiatan tersebut. Berbekal Usia yang sesuai dan hobi serta prestasi yang pernah di raih, si Bocil Ataya ikut dan berharap dipilh jadi Pendampng Garuda 2024.

Tuesday, May 7, 2024

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 Calon Guru Penggerak Reguler Angkatan 11

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 Calon Guru Penggerak Reguler Angkatan 11

Oleh : Guru Ataya (Mantan PP angkatan 6 dan 9)

Sukabumi, 7 Mei 2024. Hasil dari jalan-jalan guru Ataya ke https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ di dapat informasi Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 Calan Guru Penggerak Reguler Angkatan 11. Guru Ataya mencoba berbagi bagi para guru di negeri ini yang sudah mendaftar dan lolos seleksi.

Berikut kutipan isi dari Informasi Pengumuman hasil seleksi CGP tersebut :

Menindaklanjuti surat kami nomor: 2890/B3/GT.03.00/2023, tanggal: 3 Oktober 2023, hal: Rekrutmen Calon Guru Penggerak Reguler Angkatan 11, dan nomor: 3802/B3/GT.03.00/2023, tanggal: 26 Desember 2023, hal: Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 11, dengan hormat kami sampaikan bahwa tim seleksi Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melakukan proses Seleksi Tahap 2 Calon Guru Penggerak (CGP) Reguler Angkatan 11.

Wednesday, May 1, 2024

Catatan Lokakarya 7 “ Panen Hasil Belajar” Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Sukabumi

Catatan Lokakarya 7 “ Panen Hasil Belajar” Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Sukabumi

Oleh: Guru Ataya (PP_430_Iwan Sumantri)

Sukabumi, 28 April 2024. Guru merupakan garda terdepan Pendidikan oleh sebab itu Kemendikbudristek mencanangkan Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) untuk membentuk seorang tenaga pendidik menjadi pemimpin pembelajaran Abad 21. Seorang Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh siswa secara holistic, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Untuk menjadi seorang Guru Penggerak seorang guru harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Program Guru Penggerak adalah program Pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring,lokakarya,konferensi, dan pendampingan selama 6 bulan bagi calon guru penggerak.

Pemimpin sekolah, dalam berbagai literatur, disebut berperan besar dalam menentukan keberhasilan sekolah karena ia mempunyai tanggungjawab dalam mensinergikan berbagai elemen di dalamnya. Seorang pemimpin sekolah yang berkualitas akan mampu memberdayakan seluruh sumber daya di ekosistem sekolahnya hingga dapat bersatu padu menumbuhkan siswa-siswa yang berkembang secara utuh, baik dalam rasa, karsa, dan ciptanya. Tak dipungkuri, pemimpin sekolah merupakan salah satu aktor kunci dalam terwujudnya Profil Pelajar Pancasila (PPP).

Untuk dapat menjalankan peran-peran tersebut, seorang pemimpin sekolah perlu mendapatkan Pendidikan yang berkualitas sebelum ia menjabat. Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), sebagai bagian dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar episode kelima.didesain untuk mempersiapkan guru-guru terbaik di negeri ini untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran. Melalui berbagai aktivitas dalam pembelajaran PPGP, kandidat kepala sekolah masa depan diharapkan memiliki harapan besar agar lulusan PPGP dapat mewujudkan standar nasional Pendidikan untuk menjamin mutu Pendidikan diseluruh negeri in, di mana keberpihakan pada siswa menjadi orientasi utamanya.

Untuk pemenuhan kandidat kepala sekolah yang lebih optimal menuntut penyesuaian pada desain pembelajaran PPGP. Karena itu, terhitung dari Angkatan kelima durasi program diefisienkan dari Sembilan bulan menjadi enam bulan. Selain itu, PPGP juga menerapkan diferensiasi proses untuk peserta di daerah yang memiliki akses terbatas, baik dari segi tranfortasi maupun telekomunikasi. Namun terlepas dari moda penyampaian yang beragam, para Calon Guru Penggerak (CGP) di seluruh Ondonesia sama-sama mempelajari materi-materi bekal kepemimpinan dengan system on-the-job learning dimana selama belajar, guru tetap menjalankan perannya di sekolah sekaligus menerapkan pengetahuan yang didapat dari ruang pelatihan ke dalam pembelajaran di kelas. Pendekatan pembelajaran juga tetap menggunakan siklus inkuiri yang sarat dengan refleksi dan praktik langsung, baik bersama sesam CP maupun rekan sejawat di sekolah. Pendampingan dilapangan juga tetap menjadi kunci dari keberhasilan implementasi konsep di kelas atau sekolah CGP.